KAMPANYE KESELAMATAN PELAYARAN TAHUN 2015

Pentingnya Keselamatan Pelayaran dalam bidang  maritim perlu diperhatikan, khususnya bagi pengguna jasa Pelayaran ataupun yang terkait seperti nelayan dalam mencari ikan di laut lepas. Tantangan seperti cuaca buruk dan minimnya fasilitas ataupun pengetahuan untuk mendukung Keselamatan pelayaran ini, yang membuat perlunya diadakan kampanye Keselamatan Pelayaran di Pulau Bawean.

Untuk itu pada Hari Kamis 20 Agustus 2015 bertempat di Pulau Bawean Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Instansi yang terkait seperti BMKG, Syahbandar, Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur mengadakan sosialisasi dengan sejumlah nelayan ataupun yang mewakili dengan tema ” KAMPANYE KESELAMATAN PELAYARAN”.

BMKG Sangkapura Bawean juga diminta untuk menjadi narasumber untuk memberikan Pengetahuan Praktis Cuaca dan Iklim terkait Keselamatan Pelayaran. Dalam sosialiasi tersebut kami menyampaikan hal – hal yang berkaitan dengan pelayaran dan yang perlu diperhatikan oleh pengguna jasa pelayaran seperti mewaspadai gelombang tinggi pada bulan-bulan dimana terjadi Musim Barat yang biasa terjadi pada bulan Oktober – Maret dan mencapai puncaknya pada bulan Desember,Januari,Februari dimana angin kencang sering terjadi pada bulan – bulan tersebut. Perlu diketahui juga untuk periode tersebut terdapat banyak hujan, kelembaban udara yang tinggi, adanya badai tropis di selatan, konvergensi disepanjang khatulistiwa di sekitar Pulau Jawa, Bali dan NTB yang mengakibatkan gelombang tinggi.

Sedangkan untuk bulan April – September terjadi musim timuran yang mencapai puncaknya pada bulan Juli dan Agustus dimana bulan bulan tersebut gelombang tinggi sering terjadi di pulau Bawean. Musim timuran dikenal masyarakat sebagai musim kemarau dimana massa udara bersumber dari daratan Australia yang sedikit membawa uap air, ini yang mengakibatkan penurunan jumlah curah hujan dan terdapat gangguan cuaca seperti badai tropis di bumi belahan utara. Gangguan cuaca seperti badai tropis inilah yang mengakibatkan gelombang tinggi yang bisa dirasakan pada periode tersebut. Selain itu yang perlu diwaspadai dalam melakukan aktivitas selama berada dilaut yaitu pentingnya melihat tanda tanda yang disediakan oleh alam,diantaranya apabila kita melihat awan yang menjulang tinggi seperti bunga kol berwarna gelap dengan atau tanpa landasan itulah ciri -ciri dari awan Cumulusnimbus . Awan ini menghasilkan hujan yang sangat deras, petir, guruh, bahkan bisa menghasilkan badai dan juga bisa membuat angin kencang tiba – tiba ditengah lautan yang tenang sekalipun.
Dengan beberapa informasi tersebut diharapkan masyarakat Bawean yang pada umumnya mata pencahariannya menjadi seorang pelaut ataupun nelayan perlu memperhatikan cuaca ketika akan berlayar.

 DSCN3491

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>