SARASEHAN SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT BANGUN SINERGI BMKG DAN STAKE HOLDER

Mataram, Rabu (07/10). Kegiatan sarasehan ini diadakan oleh BMKG setiap tahun. Hal ini sangat diperlukan BMKG dalam rangka melakukan evalusai terhadap pelayanan informasi MKG kepada masyarakat pada umumnya dan para pemangku kepentingan pada khususnya. `Besar harapan kami masukan, saran, kritik yang membangun demi peningkatan pelayanan informasi MKG, `tutur Ir. Jaumil Achyar, MSc, Kepala Pusat Data Base BMKG saat membuka kegiatan Sarasehan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM), yang bertempat di Hotel Idoop di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Selain itu, Ir Jaumil Achyar, MSc, juga menambahkan dengan memasuki era yang baru, yaitu masyarakat yang modern dan maju baik di tingkat ASEAN maupun dunia. Tidak terkecuali, BMKG pun perlu melakukan perubahan paradigma pelayanannya, selain tetap meneruskan upaya pembangunan yang dasar rencana induknya telah diletakan hingga tahun 2045 mendatang, yaitu menuju BMKG sebagai Global Player.
Sebagai pemain global, tentunya pelayanan BMKG kepada masyarakat harus ditingkatkan terlebih dahulu agar berkelas dunia atau disebut sebagai layanan prima. Untuk itu, BMKG akan mentransfromasikan seluruh infrastruktur dan sumberdaya manusia menjadi sebuah lembaga yang modern, yang menangani bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika, dengan dukungan instrumentasi dan administrasi serta sistem peraturannya, dengan paripurna.
Guna mencapai tujuan tersebut, BMKG sangat memerlukan pendapat, respon maupun tanggapan dan masukan dari berbagai pihak baik dari organisasi, media massa dan masyarakat sebagai pengguna data dan informasi langsung terhadap pelayanan yang diberikan BMKG.` Oleh karena itu sarasehan ini merupakan momen yang tepat untuk menjaring sebanyak mungkin saran dan masukan dari para pengguna data dan informasi (stake holder) guna peningkatan kualitas pelayanan publik BMKG yang prima ke depan, demikian,` pungkas Ir. Jaumil Achyar, MSc, yang juga merangkap sebagai Ketua Pokja VIII Bidang Pelayanan Publik BMKG.
Sarasehan survei indeks kepuasan masyarakat ini mengambil tema Sarasehan Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Menuju Pelayanan Prima BMKG dengan menghadirkan 5 (lima) orang narasumber yaitu, Agus Wahyu Rahardjo, SP, Kepala Bidang Meteorologi Maritim BMKG, DR. Erwin Makmur, MSi, Kepala Bidang Litbang Klimatologi dan Kualitas Udara BMKG, Wijayanto, ST, MSc, Kepala Sub Bidang Mitigasi Gempa Bumi BMKG, Ridho Ahyana, SAP, perwakilan BPBD Provinsi NTB, dan Ir. Husnul Fauzi, MSi, Distan TPH Provinsi NTB dengan dimoderatori oleh Wakodim, SP, Kepala Stasiun Klimatologi Klas I Kediri. Sesi paparan dan tanya jawab bertujuan untuk mengetahui seberapa besar manfaat dari pelayanan data dan Informasi BMKG dalam mendukung pembangunan nasional guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kinerja BMKG di bidang pelayanan data dan informasi cuaca, iklim, kualitas udara, gempa bumi dan tsunami.
Kegiatan ini, dihadiri 60 orang peserta dengan mengundang kurang lebih 27 institusi pemangku kepentingan (stake holder) dari berbagai sektor meliputi pertanian, perkebunan, pelayaran, penerbangan, pendidikan dan lingkungan hidup serta penanggulangan bencana.
Adapun beberapa hal krusial yang dipaparkan oleh masing-masing narasumber adalah meliputi isu- isu terkait yang tengah terjadi dan persoalan yang berkembang saat ini khususnya di provinsi Nusa Tenggara Barat dan pada umumnya di Wilayah Indonesia diantaranya soal elnino, penanggulangan bencana serta Ketahanan Pangan. (SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>