Imbauan Kepala BMKG Menyikapi Dampak Virus COVID-19 untuk Pencegahan Bagi Civitas BMKG

Press Release

Press Release

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (Civitas BMKG)

Sehubungan dengan semakin merebaknya wabah COVID-19 (Coronavirus Disease yang mulai terjadi pada tahun 2019), serta untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka kami menghimbau seluruh Keluarga Besar BMKG untuk:

  1. Menangguhkan perjalanan ke luar negeri untuk keperluan yang dapat ditunda, terutama di negara negara terdampak COVID-19.
  2. Yang baru saja melakukan perjalanan ke luar negeri (terutama China, Korea, Jepang, Singapura, Australia, Malaysia, Vietnam, Thailand, India, Amerika Serikat, Kanada, Italia, Jerman, Perancis, Inggris, Iran, Uni Emirat Arab, Bahrain, Kuwait, dan Belanda), harap membatasi interaksi (self isolated) dengan anggota keluarga/staf BMKG lainnya maupun anggota keluarga/ rumah tangga, selama 14 hari sejak kepulangannya ke Indonesia. Jika dalam masa 14 hari tersebut mengalami demam, batuk, pilek, sesak dan lainnya, mohon untuk segera periksa ke poli paru RSPAD dan mengirimkan hasil check-up via email ke Bagian SDM BMKG.
  3. Menangguhkan menerima kunjungan tamu dari luar negeri terutama dari negara-negara terdampak COVID-19.
  4. Melakukan perilaku hidup sehat dengan lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun (atau alcohol based hand rub/hand sanitizer), mengonsumsi makanan sehat agar lebih meningkatkan daya tahan tubuh, meminimalkan kegiatan di keramaian yang kurang diperlukan.
  5. Melindungi diri dan lingkungan dengan memakai masker dan mengurangi interaksi dengan sesama sivitas BMKG lainnya maupun anggota keluarga/rumah tangga bagi yang mengalami gejala-gejala influenza.
  6. Secara aktif melakukan upaya kewaspadaan influenza termasuk SARS dan COVID-19 di unit kerja masing-masing dengan melakukan (1) penyebaran informasi (literasi kesehatan) tanpa membuat panik; (2) menyediakan fasilitas cuci tangan menggunakan sabun/hand rub berbasis alkohol di setiap ruangan/tempat-tempat strategis; (3) membuat ketentuan agar cleaning service lebih sering membersihkan tempat-tempat yang sering terpegang tangan seperti meja (terutama pada ruang-ruang rapat), gagang pintu, gagang jendela, papan tombol lift, pegangan/rel tangga, dan lain-lain dengan disinfektan (larutan kaporit 0.1% sesuai standar WHO).

Demikian imbauan ini kami sampaikan, mohon kerja samanya untuk pelaksanaan kegiatan pencegahan dan kewaspadaan dini ini. Semoga setiap sivitas BMKG dan keluarganya senantiasa sehat. Terima kasih.

Jakarta 28 Februari 2020

Salam,KEPALA BMKG
Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>